Saturday, October 11, 2014

”Penggunaan Media Kartun dalam Pembelajaran Berbicara pada Siswa Kelas VII



ABSTRAK

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang menuntut siswa aktif. Penggunaan media yang cocok agar siswa aktif salah satunya menggunakan media kartun. Media kartun berfungsi untuk tujuan instruksi. Informasi yang terdapat dalam media kartun melibatkan siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang santai sehingga pengajaran dapat terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara sebelum dan sesudah menggunakan media kartun pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2009/2010, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran berbicara sebelum dan sesudah menggunakan media kartun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan daftar pertanyaan untuk guru dan siswa dan pedoman pengamatan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran berbicara menggunakan media kartun pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen digunakan ketika guru memberikan tugas kepada siswa dalam kegiatan inti untuk berbicara di depan kelas. Sebelum menggunakan media, proses pembelajaran tidak berlangsung efektif, karena siswa merasa bosan dengan ceramah guru. Namun, setelah menggunakan media kartun, proses pembelajaran berlangsung dengan lebih efektif. Dampak bagi siswa antara lain minat, motivasi, perhatian siswa, dan rasa percaya diri siswa terhadap keterampilan berbicara menunjukkan peningkatan, (2) peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media kartun pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen, nilai rata-rata siswa adalah 58,31, sedangkan setelah menggunakan media kartun siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,81. Nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 70,28. Ada kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebanyak 5.47 poin.

No comments:

Post a Comment