ABSTRAK
Keterampilan berbicara merupakan salah
satu keterampilan yang menuntut siswa aktif. Penggunaan media yang cocok agar
siswa aktif salah satunya menggunakan media kartun. Media kartun berfungsi
untuk tujuan instruksi. Informasi yang terdapat dalam media kartun melibatkan
siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang santai
sehingga pengajaran dapat terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan dan peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara sebelum
dan sesudah menggunakan media kartun pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Klirong
Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian
tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1
Klirong Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2009/2010, sedangkan objek penelitian
ini adalah pembelajaran berbicara sebelum dan sesudah menggunakan media kartun.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes.
Instrumen penelitian menggunakan daftar pertanyaan untuk guru dan siswa dan
pedoman pengamatan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh kesimpulan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran berbicara menggunakan
media kartun pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen digunakan
ketika guru memberikan tugas kepada siswa dalam kegiatan inti untuk berbicara
di depan kelas. Sebelum menggunakan media, proses pembelajaran tidak
berlangsung efektif, karena siswa merasa bosan dengan ceramah guru. Namun,
setelah menggunakan media kartun, proses pembelajaran berlangsung dengan lebih
efektif. Dampak bagi siswa antara lain minat, motivasi, perhatian siswa, dan
rasa percaya diri siswa terhadap keterampilan berbicara menunjukkan peningkatan,
(2) peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media kartun pada siswa
kelas VII MTs Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen, nilai rata-rata siswa adalah
58,31, sedangkan setelah menggunakan media kartun siklus I nilai rata-rata siswa
adalah 64,81. Nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 70,28. Ada kenaikan
nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebanyak 5.47 poin.
No comments:
Post a Comment